Kiat menjadi KARYAWAN BARU

Posted: Maret 9, 2011 in Tulisan Lain

Pada dunia kerja , banyak rambu-rambu yang harus diketahui oleh calon pekerja atau karyawan baru agar dapat selamat dan sukses  memulai dunia yang baru.

Sebuah impian yang sangat dinanti-nantikan bagi para pelamar adalah sebuah berita yang menyatakan bahwa dirinya diterima untuk memulai dan masuk pada dunia kerja. Berita ini sangat menyenangkan dan sangat diharapkan. Namun jangan lupa , bahwa berita diterima untuk mulai bekerja bukanlah akhir dari perjalanan panjang mencari pekerjaan. Memulai dunia kerja merupakan saat-saat penting bagi para pelamar, mengingat pada masa awal inilah akan dilakukan penilaian dan evaluasi apakah calon karyawan akan terus diterima atau harus angkat kaki untuk meninggalkan perusahaan. Masa inilah yang dikenal dengan masa percobaan, biasanya memakan waktu 3 bulan.

Bagaimana sebaiknya mempersiapkan diri untuk mampu menyesuaikan pada masa percobaan tersebut ?  berikut beberapa tips yang dapat dilakukan.

Secara pribadi , buatlah diri anda sebagai orang yang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dan jadikan diri anda menjadi berarti  :

 

–          Bersikaplah “ wait & see “ sebelum bertindak, sehingga anda tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak perlu dan tidak seharusnya terjadi.

–          Terbuka untuk selalu bertanya dan belajar, jangan menggangap diri sudah hebat dan mampu melakukan sesuatu, berusahalah melibatkan orang-orang disekitar menjadi guru atau “ mentor “  didalam setiap kesempatan.

–          Jangan takut berbuat salah, anda adalah orang baru dan wajar jika orang baru berbuat kesalahan. Mintalah nasehat kepada orang-orang didekat anda.

–          Jangan menunggu pekerjaan tetapi carilah pekerjaan, seringkali orang baru akan merasa kebingungan karena tidak ada perkerjaan yang harus dikerjakan, pada kondisi inilah anda harus mempunyai inisiatif untuk bertanya “ apa yang bisa saya kerjakan … pak “ atau anda dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan disekeliling anda, misalnya ; menata filing .

Selain anda harus mempersiapkan diri untuk menjadi karyawan yang aktif dan mau bekerja, anda harus memperhatikan hubungan dengan Atasan anda :

–          Jangan takut atau menghindar dari atasan, justru gunakan kesempatan untuk selalu lebih dekat dengan atasan. Sebuah pepatah mengatakan, jika anda ingin sukses bergaulah dengan orang-orang sukses. Pada kebanyakan perusahaan, orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang dekat dengan sumber kekuatan ( atasan ).

–          Persiapkan Agenda dan selalu bawalah agenda , untuk mencatat segala sesuatu apabila anda diminta untuk menghadap atasan.

–          Setiap tugas yang diberikan, lakukanlah dengan sungguh-sungguh dan hindari untuk menolak, meskipun anda rasa tidak mampu untuk melakukannya,….. berusahalah.

–          Perhatikan  !  upayakan untuk membuat laporan perkembangan tugas anda  sebelum diminta oleh atasan.

–          Jangan merasa tersinggung jika harus ditegur atau dimarahi. Anggaplah hal itu merupakan langkah untuk mendidik anda agar lebih baik, atau cobalah menghibur diri bahwa ditegur dan dimarahi merupakan bagian dari gaji yang kita terima.

Faktor lingkungan social juga sangat berarti bagi para pekerja baru untuk mampu berhasil memulai bekerja pada dunia yang baru. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

–          Jadikan diri anda menjadi orang yang bisa bergaul dengan siapa saja mulai dari karyawan yang paling bawah hingga para pimpinan di tingkat atas.

–          Hindari untuk memancing perdebatan atau selisih pendapat untuk hal-hal yang sepele dan tidak prinsip.

–          Hargai senioritas, berlakulah sopan dan hormat kepada orang –orang yang lebih tua meskipun jabatannya dibawah anda.

–          Mulailah untuk lebih dahulu menyapa dan memberikan salam kepada orang lain.

–          Upayakan untuk mau terlibat pada setiap kegiatan di perusahaan. Persiapkan diri anda untuk mau menjadi panitia atau tugas-tugas kebersamaan lainnya.

–          Hindari untuk masuk pada kalangan kelompok-kelompok tertentu atau golongan-golongan tertentu. Jadikan diri anda menjadi orang yang netral dan tidak memihak satu dua kelompok.

Tips-tips tersebut diatas memang indah dan sangat baik untuk dilakukan. Namun hal tersebut tidak akan terwujud jika anda tidak mulai untuk melakukannya. Sebuah pekerjaan yang besar , sebuah maha karya yang hebat tidak akan terwujud jika tidak pernah dilakukan untuk pertama kalinya. Mulailah… maka anda akan menuai manfaatnya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s